3 Cara Mendapatkan Uang Tambahan dari Internet untuk Pemula

By | Juli 22, 2021
Konsep Otomatis

Dalam masa pandemi seperti saat ini, kita dituntut untuk beradaptasi dengan keadaan. Terutama bagi kamu yang mengalami dampak langsung dengan beragam kebijakan pemerintah dalam menangani masa-masa sulit saat ini.

Tidak sedikit dari kita yang harus mengalami kehilangan pekerjaan utama akibat kondisi perusahaan yang tidak bisa survive. Mau tidak mau kita harus menerima hal tersebut. Solusinya kita bisa mencari pekerjaan lain atau mencoba peluang lainnya.

Di era internet saat ini, untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan bukanlah hal yang mustahil. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tambahan pundi-pundi rupiah. Jadi, semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa mendapatkan sedikit inspirasi dan bisa mendapatkan peluang baru.

Konsep Otomatis

1. Membuat Toko Online

Dahulu, untuk membuat sebuah toko maka kita membutuhkan modal yang cukup besar. Beberapa diantaranya digunakan untuk menyewa lahan, mengurus perizinan, dan membeli berbagai kebutuhan dasar untuk membuka toko.

Namun, dengan kemudahan teknologi saat ini, kamu tidak harus mengeluarkan banyak modal untuk bisa membuka toko online. Ada dua pilihan yang bisa kamu lakukan.

Pertama, membuat website toko online pribadi, lalu mempromosikannya. Atau kedua, yaitu dengan memanfaatkan beragam marketplace yang sudah ada dengan jangkau pasar yang lebih luas, seperti Shopee, Tokopedia, Buka Lapak, dan lainnya.

Kamu bisa memilih kedua opsi tersebut atau bahkan menjalankan keduanya juga sangat memungkinkan. Kamu bisa memasarkan produk fisik maupun digital. Jika kamu belum memiliki modal, kamu bisa memulainya dengan dropship.

2. Mengajar Secara Online

Khusus untuk kamu yang memiliki ketertarikan dalam mengajar, maka kamu juga memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan cuan secara online. Saat ini sudah banyak platform training online ataupun start up edutech yang memungkinkan kamu untuk mendaftar sebagai mentor atau pengajar.

Jadi, disana kamu akan mengupload materi kamu dalam bentuk teks maupun video. Lalu, apabila ada seseorang yang tertarik dan berlangganan atau membeli tutorial tersebut, maka kamu akan mendapatkan tambahan uang.

Selain itu, kamu juga bisa lebih aktif dalam menawarkan jasa kamu. Adapun kamu bisa memanfaatkan jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, atau pun melalui beberapa forum pendidikan yang sering dikunjungi oleh siswa dan mahasiswa.

3. Menjual Jasa Lainnya

Apakah kamu pernah mendengar istilah freelance atau kerja lepas? Ya, ini merupakan istilah untuk seseorang yang bekerja tanpa adanya jam kerja formal dan bisa dilakukan “sesuka hati”. Seseorang yang melakukan pekerjaan tersebut dikenal sebagai Freelancer.

Biasanya para freelancer akan mendapatkan pekerjaan dan membangun reputasi mereka melalui berbagai situs freelance yang ada di internet, seperti freelancer.com, projects.co.id, fiverr.com, dan beberapa lainnya.

Melalui situs tersebut, kamu bisa menjual banyak hal. Contohnya yang paling laris adalah seperti jasa menulis artikel, membuat logo, pengisi suara video atau dubbing, jasa pembuatan program, dan beragam lainnya.

Ada banyak kategori yang bisa kamu pilih dan sesuaikan. Tentunya agar kamu dapat dipercaya dalam mengerjakan project, maka kamu harus membangun dan benar-benar menjaga kredibilitas dan profesionalisme kamu dalam bekerja. Sehingga reputasi kamu akan menjadi bagus dan mudah untuk direkomendasikan.

Jadi, meskipun saat ini merupakan masa yang sulit, kita tetap bisa mencoba hal-hal baru yang bisa berpotensi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika kamu ingin mengetahui daftar lengkapnya, silahkan kunjungi halaman sumber ini.