Alasan Menjadi Programmer Java

By | September 17, 2021
Konsep Otomatis

Java adalah bahasa pemrograman dengan tujuan yang sangat beragam. Java berisi konsep pemrograman berorientasi objek. Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer yang digunakan, meskipun oleh beberapa orang yang menganggapnya Java terlalu bertele-tele dan lambat terutama pada awal-awal kelahiran bahasa pemrograman ini.

Java memungkinkan pengembang untuk menulis perangkat lunak untuk berbagai platform termasuk dalam perangkat server, pc desktop, melalui browser sampai aplikasi telepon seluler. Oracle Corporation, perusahaan yang memiliki Java, juga melisensikan Java SE (Edisi Standar) di bawah berbagai perjanjian komersial untuk menyediakan JRE dan JDK. JRE dan JDK adalah library inti dari bahasa pemrograman Java, dengan menggunakan JRE dan JDK inilah Java dapat dijalankan. Java juga dapat digunakan untuk membangun aplikasi web.

Konsep Otomatis

Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer, karena kompatibel lintas platform dan berjalan di hampir semua perangkat, bahkan perangkat Apple memiliki emulasi Java untuk aplikasi Android. Di atas kompatibilitas ini, Java memiliki komunitas besar dengan lebih dari 9 juta pengguna di seluruh dunia dan persediaan sumber belajar gratis dan berbayar yang sangat banyak. Terdapat juga banyak sekali kursus Java online di internet yang bisa diikuti oleh banyak orang.

Ada beberapa alasan Anda mungkin ingin mempertimbangkan karir di pemrograman Java:

Komunitas Besar

Hingga tulisan ini dibuat, ada sekitar 9 juta pengembang Java di seluruh dunia, dengan lebih dari 2 juta unduhan perangkat lunak per bulan (bahkan banyak yang tidak terkait dengan pengembangan untuk platform JVM). Dengan komunitas yang begitu besar, mudah untuk menemukan bantuan di hampir semua tugas yang perlu Anda selesaikan. Kekayaan sumber daya dan tutorial online yang tersedia tidak tertandingi oleh hampir setiap komunitas bahasa pemrograman lainnya, jadi jika Anda terjebak pada suatu masalah, kemungkinan besar orang lain telah mengalaminya sebelumnya dan dapat mengarahkan Anda ke arah yang benar.

JVM

Meskipun Java dirancang sebagai platform untuk applet pada awalnya tapi telah diperluas ke berbagai platform lain. Java mengkompilasi source code menjadi bytecode perantara yang kemudian ditafsirkan oleh JVM, membuatnya sangat efisien. Meskipun ada beberapa bahasa yang bekerja secara langsung dengan perangkat keras komputer dan dapat memberikan kinerja yang lebih baik, mereka melakukannya dengan mengorbankan portabilitas. Java bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara kecepatan dan kompatibilitas, menjadikannya ideal untuk aplikasi web yang memiliki lalu lintas tinggi tetapi tidak selalu membutuhkan efisiensi maksimum pada setiap permintaan.

Lowongan Pekerjaan Besar

Pada tahun lalu saja ada lebih dari 6 juta lowongan pekerjaan pengembang Java, dan gaji pengembang Java rata-rata lebih tinggi dari gaji programmer bahasa pemrograman lain. Permintaan akan talenta terampil ini tidak hanya terbatas pada aplikasi web, bahkan industri otomotif menggunakan lebih dari 15 juta baris kode Java dalam sistem komputer internalnya.

Bayaran Tinggi Sesuai Kinerja

Salah satu alasan untuk gaji yang begitu tinggi adalah bahwa sangat sedikit orang yang dapat menjadi cukup mahir di Java untuk dapat menulis program yang rumit dalam waktu yang wajar (sekitar 1-2 minggu). Tanpa pelatihan formal, dibutuhkan waktu berbulan-bulan bagi seorang pemula untuk menguasai bahasa tersebut. Namun alasan yang lebih penting, adalah bahwa perusahaan hanya menginginkan kinerja terbaik dari aplikasi mereka, dan mendapatkan hasil tersebut berarti membayar lebih untuk pengembang yang terampil.