Cara dan Efek Penggunaan Soda Api untuk Septic Tank, Wajib Diketahui!

By | September 30, 2021
Konsep Otomatis

Muncul masalah pada septic tank? Pastikan dahulu penyebabnya agar pengguna dapat mengambil langkah untuk mengatasinya serta mencegah hal tersebut terulang. Salah satunya adalah septic tank yang penuh, namun sebenarnya hal ini bukan masalah. Terdapat berbagai cara untuk mengatasi hal ini contohnya soda api untuk septic tank dapat mendorong proses penguraian bakteri.

Akan tetapi, sayangnya beberapa pengguna belum mengetahui hal ini bahkan sering mencari jalan cepat dengan melakukan penyedotan septic tank. Hal ini tentunya akan kembali lagi, khususnya ketika musim hujan tiba dapat memenuhi septic tank. Pilihan yang tepat bagi pengguna karena selanjutnya akan dibahas cara penggunaan dan efek soda api untuk septic tank dalam penjelasan ini:

Konsep Otomatis

Langkah Penggunaan Soda Api di Septic Tank

Toilet yang mampet memang sangat menjengkelkan, kemungkinan besar disebabkan oleh septic tank yang penuh. Soda api adalah salah satu bahan sebagai cara yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Langsung simak saja penjelasan di bawah ini untuk mengetahui tahap per tahapnya sebagai berikut:

1. Melindungi Diri

Langkah pertama sebelum menggunakan soda api untuk septic tank adalah dengan mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan nantinya. Kemudian jangan lupa untuk melindungi diri dengan sarung tangan, masker, dan alat pelindung lainnya.

2. Menambahkan Soda Api

Selanjutnya persiapkan soda api setidaknya setengah cangkir plastik untuk disiramkan ke lubang kloset secara langsung. Akan tetapi, sebelum itu pastikan tingkat air pada lubang kloset tepat di garis dan tidak berlebihan atau kekurangan. Tambahkan soda api sesuai ukuran yang disampaikan langsung tanpa perlu menambahkan air atau mencairkannya lalu tunggu sekitar 10 menit.

3. Melakukan Tes Uji Coba

Tunggu sekitar waktu tersebut, apabila lubang kloset mulai berbuih atau mengeluarkan busa maka soda api sudah mulai bekerja. Langkah terakhir adalah dengan melakukan uji coba dan memastikan bahwa kloset tidak mampet lagi. Sebenarnya penggunaan soda api boleh dilakukan ketika toilet mampet lagi, namun kadarnya harus dinaikkan tetapi tidak berlebihan karena memiliki efek tertentu.

 

Efek Penggunaan Soda Api bagi Septic Tank

Setelah mengetahui cara menggunakannya, sebelum memastikan untuk memilih soda api sebagai jalan keluar atau tidak harus mengetahui efeknya. Memang setiap cara memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri, termasuk juga dengan penggunaan soda api di septic tank. Yuk simak saja penjelasan berikut untuk mengetahui efek yang muncul dari penggunaan soda api berikut ini:

1. Sifat Soda Api Ketika Bertemu Air

Serupa dengan namanya, soda api akan memiliki sifat panas ketika bertemu dengan air dan hal ini ditandai dengan munculnya gelembung ketika menggunakannya. Selain itu, soda api juga dapat meninggalkan bekas pada lubang kloset dan mengeras apabila tidak disiram dengan bersih.

2. Dampak Pada Lingkungan 

Efek lainnya adalah soda api berdampak kurang baik pada lingkungan, sebab soda api mendorong percepatan pengurai bakteri. Bagi pengguna yang sayang pada lingkungan mungkin akan lebih baik menggunakan bio septic tank yang ramah lingkungan.

Adapun bio septic tank yang ramah lingkungan bisa didapatkan di https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/ karena tidak perlu menggunakan soda api karena memiliki bakteri khusus.

 

Itu beberapa cara dan efek penggunaan soda api untuk septic tank yang harus diketahui sebelum menggunakannya. Sebenarnya pengguna dapat melakukan cara lain untuk menangani toilet mampet atau penuh karena musim hujan. Akan tetapi, penggunaan soda api merupakan cara yang paling efektif, aman, serta harganya yang lebih terjangkau dibanding cara lainnya yang sering direkomendasikan.