Sakit Pinggang Jangan Disepelekan

By | Oktober 3, 2021
Konsep Otomatis

Sakit pinggang juga disebut dengan low back pain yaitu suatu rasa sakit di area punggung bagian bawah. Sakit ini dapat timbul dan menetap di sebagian pinggang atau seluruh bagian pinggang.

Sakit pinggang secara umum disebabkan oleh cidera pada otot atau sendi pada area pinggang yang disebabkan oleh gerakan tiba-tiba, mengangkat benda berat, dan malakukan gerakan yang berulang.

Terkadang sebagian orang menyepelekan sakit pinggang padahal sakit pinggang tak hanya terjadi karena tegangan otot saja, namun juga bisa disebabkan oleh masalah kerusakan organ penting di dalam tubuh seperti infeksi, sakit ginjal, dan terjepitnya saraf tulang belakang.

Konsep Otomatis

Jika anda mengalami sakit pinggang selama sebulan tanpa adanya perubahan menjadi lebih baik, segeralah datangi dokter dan perbanyaklah beristirahat. Bisa jadi sakit pinggang yang anda alami adalah indikasi penyakit yang serius terutama jika disertai dengan gejala berikut:

  • Demam
  • Terjadi kenaikan berat badan atau penurunan berat badan yang derastis.
  • Sering buang air kecil.
  • Sakit saat batuk dan buang air kecil.
  • Mati rasa pada bagian paha
  • Tungkai terasa lemah.

Sakit pinggang bisa jadi pertanda gejala sakit yang jauh lebih serius diantaranya adalah syaraf terjepit. Ini terjadi ketika saraf berada diantara tulang belakang yang terhimpit. Kesembuhan total pada syaraf terjepit biasanya didapatkan dengan melakukan tindakan operasi.

Selain syaraf terjepit, sakit pinggang juga dapat menjadi gejala sakit ginjal. Ginjal yang bermasalah biasanya menimbulkan sakit pada bagian pinggang. Sakit batu ginjal adalah penyakit yang berbahaya dan harus segera mendapatkan penanganan medis.

Infeksi juga dapat menjadi penyakit serius yang dapat menimbulkan oleh sakit pinggang. Infeksi pada bagian pinggang karena benturan adalah kasus yang umum. Jika terkena infeksi maka selain sakit pada pinggang juga disertai dengan demam tinggi.

Apabila sakit pinggang tak kunjung sembuh dalam sebulan atau bahkan justru bertambah parah maka segeralah mengunjungi dokter untuk memastikan masalah yang anda alami saat ini. Dokter akan melakukan diagnosa dan memberikan saran terbaik. Beritahukan ke dokter jika anda pengguna narkoba, mengalami osteoporosis, dan penderita kanker.