Seperti Apa Cara Beli Saham Itu

By | Januari 12, 2022
Seperti Apa Cara Beli Saham Itu

Cara beli saham bukanlah hal yang susah untuk dilakukan oleh semua orang. Namun, masih tetap diperlukan kewaspadaan Hal tersebut dilakukan agar dapat menghindari hal-hal tidak diinginkan di kemudian hari nantinya. Karena tentu itu semua sangat penting pelaksanaannya.

Dalam membeli sebuah saham, ada tahapan-tahapan penting yang perlu untuk Anda lalui. Supaya semuanya bisa diselesaikan dengan baik dan bisa membuat semua orang mendapatkan keuntungan. Berikut adalah beberapa uraian tahapannya.

Menyiapkan Dokumen

Diantara beberapa hal yang perlu untuk dipersiapkan sebelum akhirnya membeli saham adalah dokumen-dokumen penting. Diantaranya seperti KTP, NPWP (kalau ada), buku tabungan dan juga materai. Semua bahan tersebut digunakan sebagai tanda bukti untuk pembelian saham tersebut.

Anda tidak akan bisa membeli sebuah saham jika tidak menunjukkan kartu identitas. Sedangkan untuk NPWP hanya diperlukan bagi mereka yang memang memilikinya, jika memang tidak ada hal tersebut tidak masalah. Selain itu, dibuktikan juga bukti pembayaran dari buku tabungan dan juga materai.

Seperti Apa Cara Beli Saham Itu

Datang ke Kantor Sekuritas Terdekat atau Mendaftar Secara Online

Tahapan berikutnya adalah datang ke kantor sekuritas terdekat di sekitar tempat tinggal Anda. Setiap wilayah pasti memiliki kantor sekuritas, namun beberapa letaknya memang ada di kota-kota saja. Jika ingin membeli saham, maka Anda wajib untuk datang ke sini.

Namun, jika memang terlalu jauh atau tidak dapat datang ke tempat secara langsung. Maka, Anda bisa melakukan pendaftaran secara online. Biasanya pendaftaran online seperti ini disediakan oleh kantor sekuritas yang bisa diakses kapan saja.

Mengisi Formulir Pendaftaran

Nah, setelah Anda datang ke kantor atau mendaftar secara online. Maka, selanjutnya pihak calon investor harus mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Isinya adalah bahwa pengisi memberikan isian bahwa dia adalah investor pasar modal yang tersedia dalam perusahaan sekuritas.

Saat pendaftaran sudah diproses oleh pihak kantor sekuritas, maka Anda akan bisa melakukan pengaksesan agar dapat masuk ke dalam akun dashboard. Supaya bisa melaksanakan transaksi jual beli saham kepunyaan perusahaan yang bersangkutan tersebut.

Demikian uraian penjelasan mengenai cara beli saham satu ini. Ada beberapa tahap-tahap penting yang perlu dilakukan oleh investor sebelum membeli sebuah saham tertentu. Tujuan dilakukannya hal satu ini adalah menghindari adanya hal-hal tidak baik terjadi di kemudian hari.

Sumber: takeprofit.id