Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Di Masa Pubertas Tetap Terjaga

By | April 29, 2022
Konsep Otomatis

Sistem reproduksi harus dijaga ketika anak mulai memasuki masa pubertas. Masa pubertas bisa dilihat dengan mudah yaitu pada anak remaja laki-laki biasanya ditandai dengan terjadinya mimpi basah. Sedangkan untuk remaja perempuan ditandai dengan keluarnya darah haid yang pertama kalinya.

Perlu kalian ketahui kesehatan reproduksi di masa pubertas dapat dilihat melalui proses, fungsi, serta sistem reproduksinya. Tentunya arti sehat disini yaitu tidak hanya terbebas dari beragam ancaman penyakit saja. Sehat juga dapat diartikan matang secara mental dan juga fisik.

Sehingga kesehatan reproduksi di masa pubertas remaja tidak boleh untuk diabaikan. Karena kesehatan reproduksi sangat berperan penting untuk masa depan remaja. Jadi sebagai orang tua sudah seharusnya memahami pentingnya kesehatan reproduksi anaknya agar nantinya tidak ada kerancuan dan bisa menerapkan secara tepat.

Konsep Otomatis

Berikut akan dijelaskan mengenai cara untuk menjaga kesehatan tubuh disaat masa pubertas untuk sistem reproduksi remaja nantinya.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Di Masa Pubertas

Agar dapat menjaga kesehatan pada reproduksi, kalian sebaiknya mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

1. Rutin Membersihkan Alat Reproduksi

Rajin membersihkan alat reproduksi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan karena alat reproduksi yang bersih adalah sebuah dasar untuk menjaga kesehatan reproduksi kita. Bersihnya alat reproduksi ini mempunyai jangka yang panjang sebab alat reproduksi yang bersih tidak hanya berpengaruh untuk diri sendiri, namun juga sangat berpengaruh jika sudah berkeluarga.

Contoh yang bisa dilakukan agar alat reproduksi selalu bersih yaitu mengeringkan daerah kelamin menggunakan handuk bersih dan lembut, mengganti pakaian dalam dua kali dalam sehari, untuk laki-laki diharuskan untuk melakukan sunat atau khitan, dan jangan lupa untuk membersihkan alat kelamin disaat sudah membuang air kecil.

2. Makan-Makanan yang Mengandung Gizi

Dengan kita mengkonsumsi makanan yang bergizi maka bisa berpengaruh sangat besar untuk kesehatan reproduksi, khususnya untuk kesuburan. Tetapi, kita tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi secara berlebihan agar nantinya tidak menjadi tubuhnya penyakit dalam tubuh.

 

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan reproduksi remaja pada masa pubertas. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: beritaseputarkuningan.com